HUT SMA N 1 Purwosari ke 27 dan Dahsyatnya BUBAFEST

Sabtu, 27 November 2010 adalah puncak dari Peringatan Hari ulang tahun SMA N 1 Purwosari yang ke 27 dan BUBAFEST. Serangkain kegiatan sudah terlaksana cukup baik dan teratur. Semua itu berkat kerjasama antara anggota OSIS/MPK serta pihak-pihak lain yang turut berpartisipasi dalam menyukseskan acara yang setiap tahun diadakan bebarengan dengan acara Bulan Bahasa Festifal. Dengan mengusung tema,”Lakukan yang Terbaik untuk Menjadikan SMANESA dan NUSANTARA Lebih Berwarna”, mulai dari pertandingan persahabatan yang diadakan sejak hari Senin, 22 November 2010 serta perlombaan antar kelas yang dimulai setelah jam istirahat pertama hari Kamis. Dan ditutup dengan acara puncak kemarin(27/11/10).

Kegiatan pembuka dalam acara peringatan Hari Ulang Tahun SMA N 1 Purwosari yang ke 27 dan BUBAFEST adalah apel pagi. Dan yang menjadi pembina upacaranya adalah Bapak Kepala Sekolah SMA N 1 Purwosari, Bpk. Nurhasan, S.Pd. yang dibuka dengan pelepasan seikat balon yang bertuliskan “HUT SMA N 1 Purwosari ke 27 dan BUBAFEST”.

Sebelum pelepasan balon beliau berharap bahwa agar para siswa-siswi mengikuti acara hari ini dengan antusias.”Saya harap dengan dilepaskannya seikat balon ini, SMA N 1 Purwosari dapat mencetak siswa-siswi yang membanggakan. Dan semoga sifat jelek seperti melanggar peraturan, lebih berkurang”,tambahnya ketika akan melepas seikat balon.

Sekitar pukul 7.45 WIB, acara yang selanjutnya dimulai.Yaitu performance dari kelas XII Bahasa yang menampilkan pantonim yang diiringi dengan puisi dan guitar yang membuat banyak guru meneteskan air matanya melihat akting dan puisi yang dibawakan oleh kelas yang mempunyai hajatan BUBAFEST ini.

 

Dan dilanjutkan dengan pemotonga tumpeng sebagai simbol Hari Peringatan Ulang Tahun SMA N 1 Purwosari ke 27 dan Bulan Bahasa Festifal. Dan kelas yang terkenal akan kekompakannya ini juga memberikan kenang-kenangan sebagai tanda terimakasih anak kelas XII Bahasa kepada Bapak Nur Hasan sebagai Kepala Sekolah SMA N 1 Purwosari saat ini.

 

Setelah itu, performance dari siswa SMANESA sendiri. Pihak sekolah memang sengaja tidak mengundang ‘performance’ luar.”Ini adalah HUT Sekolah kita. Dan semua kegiatan, kita pula yang mengisi’, kata Bapak Totok. Dan yang menjadi MC acara ini adalah 2 MC yang tak asing lagi di SMANESA. Siapa lagi kalau bukan Aditya dari kelas XI IPS dan Viena dari kelas 2 CB.

Satu persatu-satu bandpun tampil dengan semangat memeriahkan Hari Ulang Tahun SMA N 1 Purwosari yang ke 27 dan BUBAFEST. Dan sekitar pukul 09.00, acara intipun dimulai. Dengan pembawa acara Dian Wulandari dan Afri yang mengiringi jalannya acara inti pada perayaan hari jadi SMA N 1 Purwosari yang ke 27 ini.

Dan para undangan yang hadir pada pagi hari tadi yaitu, Bapak Wakil Bupati Jawa Timur, Bapak Kepala Dinas Pendidikan Kab. Pasuruan, Bapak Kepala Sekolah SMA N 1 Purwosari, Bapak Komite Sekolah, Bapak Camat Purwosari, Bapak Muspika Cabang Purwosari, Pengawas sekolah Lanjutan, Perwakilan dari Puskesmas Purwosari serta mantan Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Purwosari.

Sebagai suguhan awal, pidato dengan enam bahasa menjadi salah satu performance yang ditunggu-tunggu. Keenam bahasa itu adalah Bahasa Daerah oleh Ahsani Maulidia, Bahasa Jepang oleh Mas Huri, Bahasa Inggris oleh Tio Pratama, Bahasa Mandarin oleh Nur Khamidah, Bahasa Jerman oleh Dewi Yulistianah dan Bahasa Arab oleh Saidah. Dan sebagai suguhan kedua yaitu tarian dari tim ‘tari SMANESA’ yang menghibur para undangan.

Kemudian dilanjukan dengan suguhan yang kedua, yaitu tarian “GARUDA” dari ekstra tari SMA N 1 Purwosari. Para undangan terpesona akan performance tim tari SMA ini.”Suguhan tari tadi sngat menghibur saya”, tanggap Iswayudi.

Dan dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Kepala  SMA N 1 Purwosari, Bapak Nurhasan, S.Pd. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa salah satu prestasi yang sangat membanggakan bagi SMA N 1 Purwosari, bahkan bagi Negara Indonesia, yaitu turut sertanya saudara Stevanus pada tahun 2009 dalam ajang Sains yang diadakan di Teheran, Iran dalam bidang Astronomi. Dan beliau mengatakan bahwa prasarana yang sudah ada di sekolah ini cukup lengkap. Tinggal para siswa-siswi bagaimana memfaatkan fasilitas yang sudah disediakan sekolah ini.

“Keprefesionalitasan seorang guru sangatlah penting. Karena tanpa guru, siswa tidak bisa mendapatkan ilmu”, tambahnya dalam sambutan kemarin.

Bapak Kepala Sekolah ini yang mendapatkan hadiah dari siswa-siswi kelas XII Bahasa sebuah lukisan bergambarkan wajah beliau, mengucapkan terimakasih banyak kepada semua undangan yang mau meluangkan waktunya.

“Bangkitlah para guru dan jayalah bangsaku”, tutupnya.

Dan sambutan yang kedua disampaikan oleh Bapak Kepala Dinas Pendidiakan Kabupaten Pasuruan, Bapak Iswayudi. Beliau menitip pesan,”Kalian sebagai calon pemimpin, harus banyak-banyak belajar. Bukan hanya belajar, namun juga harus diimbangi dengan pengalaman”.

Dan yang kedua adalah pemberian tropi bagi para siswa-siswi SMP yang memenangkan perlombaan MIPA se-Kab. Pasuruan yang diadakan pada hari Kamis, 25 November2010. Dan terpilihlah SMP N 1 Sukorejo sebagai juara pertama.

Setelah memberikan sambutan, beliau diajak untuk menyanyikan lagu ‘Hanya Ingin Kau Tahu’ yang berkolaborasi dengan Fifi dari kelas Bahasa dan diiringi oleh Rofiq sebagai pianis dari kelas XI IPA. Semua penonton mengikutinya dengan perasaan tak diduga.

Dan pembacan do’a oleh Bapak Komite Sekolah menjadi penutup dari kegiatan inti pagi tadi. Dan acara inti pun berakhir

Dan acara yang selanjutnya yaitu dari tim ‘musikalisasi puisi’ yang digawangi oleh Dian  sebagai pembaca puisi.

Dan dilanjutkan dengan performance dari tim perisai diri SMA N 1 Purwosari yang sudah menorehkan prestasinya sampai tingakt JATIM.

Dan Blentank Band sebagai penutup dari perlombaan band dari 12 peserta lomba. Group band ini rata-rata pemainnya adalah dari anak kelas XII IPS yang digawangi oleh Jefri dan kawan-kawan. Performance yang terakhir ini ditutup dengan sebuah lagu dari zamrud, ‘Selamat Ulang Tahun”.

Dapat ditarik kesimpulan, untuk peringatan hari ulang tahun SMA N 1 Purwosari yang ke 27 dan BUBAFEST mencakup semua aspek. Semua orang turut berpartisipasi, baik dlama lomba ataupun memeriahkan acara yang sangat ditunggu-tunggu oleh siswa-siswi SMA N 1 Purwosari. Mulai dari tetangga sekolah, sampai bapak Pendidikan Kab. Pasuruan turut serta dalam memeriahkan acara ini. tak lupa pula bagi para siswa-siswi SMANESA. Banyak sekali perlombaan yang dilaksanakan. Dan ini lah nama pemenang dari semua perlombaan yang diadakan mulai hari Kamis, sampai kemarin.

  • MIPA dimenangkan oleh SMP N 1 Sukorejo
  • Bazar dimenangkan oleh kelas XI IPA 5
  • Cak dan Yuk dimenangkan oleh kelas XII IA 3
  • Kreasi Seni Anak Bangsa dimenangkan oleh kelas XI IA 1
  • Debat dimenangkan oleh kelas XII IA 3
  • Slogan dimenangkan oleh kelas XII IA 3
  • Balas Pantun Jawa dimenangkan oleh kelas XII IA 1 – XII IA 4
  • Fotsal cewe’ dimenangkan oleh kelas X 5 – X 8
  • Fotsal cowo’ dimenangkan oleh kelas XII IS 1 – XII IS 2
  • Tumpeng dimenangkan oleh kelas XII IA 5
  • Parede Seni Smanesa dimenangkan oleh kelas XII IA 4
  • Fotografi dimenangkan oleh kelas XI IA 4
  • Kebersihan kelas dimenangkan oleh kelas X 4
  • Festifal Band dimenangkan oleh group band B.2.I.N.A
  • Best Melodi dimenangkan oleh group band GMB
  • Best Rhythem dimenagkan oleh group band MOVETTO
  • Best Bassis dimenangkan oleh group band B.2.I.N.A
  • Best Drumer dimenangkan oleh group band Freeky No Bee

Itulah nama-nama pemenang dari perlombaan yang sudah dibuat dan dipanitiai oleh anak OSIS/MPK dan anak kelas BAHASA.

Dan inilah beberapa ornag yang bisa saya tanya tentang acara HUT SMA N 1 Purwosari yang ke 27 dan BUBAFEST beserta saran dari mereka:

  • “Rame, meriah, namun partisipasi dalam mengikuti lomba kurang”, kata Yulia. Dia juga menambahkan kalau bisa acara besar seperti ini panitia mengundang GUES STAR.
  • Fanny mengatakan,”Meriah, asyik, perlombaannya kreatif”. “Tapi yang terlalu banyak perlombaan festifal bandnya”, tambahnya. Dia juga menyarankan bagi para pemenang, baik dari pemain gitar terbaik dan kawan-kawan dijadikan band sekolah.
  • Menurut ika,”Seneng, brutal, lebih meriah dari tahun kemarin tapi panitia terlalu ‘egois’.
  • “Bagus, kreatif, kerjasama antara panitia bagus, tidak ada yang individual antara OSIS dan MPK”, dalam acara HUT SMA N 1 Purwosari kemarin(27/11/10). Beliau juga mengatakan kerjasama yang bagus ini dipertahankan dan lebih ditingkatkan agar acara-acara untuk selanjutnya. Dan kalau bisa untuk acara selanjutnya di tambahkan performance tradisional, seperti ‘ngremo’.
  • “Panitia kurang cepat tanggap, kecewa, semua fasilitas dan pelayanan bagus, panitia kurang cekatan, tapi tahun ini lebih rame dari tahun kemarin, semua bagus”, kata Sherief. Dia juga mengaku merasa ‘dibuletkan’. “Dan saran untuk panitia, penilaian tolong yang sebaik mungkin, jadwal yang ditentukan tolong dilaksanakan dengan baik. Jangan sampai ‘molor’. Khusus untuk Sie 2, apapun yang terjadi di perlombaan, Sie 2 harus tetap mengatur ataupun mempersiapkan upacara ataupun apel. Untuk juri jangan pandang sebelah mata anak IPS”, tambahnya dalam kesempatan kemarin.
  • “Berjalan dengan lancar, sukses. Dan yang paling penting untuk menyukseskan sebuah acara adalah koordinasi yang yang bagus. Jangan sampai terjadi ‘mised comunication’. Rasa tanggung jawab dan komitmen untuk memajukan SMA ini tetap harus menjadi tujuan utama kita. Dan evaluasi sampai saat ini, jadwala yang dibuat sudah tepat, ‘on time'”, kata Bapak Totok. Beliau juga merasa surprise, kare biasanya hanya Radar Bromo yang mau meliput berita sekolah ini saja, tapi stasiun TV lokal juga ikut serta. “Dan untuk keaamanan kurang koordinasi”, tambahnya. Beliau mengharapkan setelah diadakannya perayaan HUT SMA N 1 Purwosari yang ke 27 dan BUBAFEST ini prestasi yang diukir oleh siswa-siswinya semakin ditingkatkan. Dan berharap sekolah ini menceteak insan-insan yang bermanfaat bagi negara dan agama. “Semua acara ini dilaksanakan juga untuk menanamkan kejujuran dalam diri siswa. Dan siswa diajak belajar, ‘bagaimana sih berorganisasi itu?'(27/11/10)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: